Capture

Webinar Series 3 “ Tantangan dan Masa Depan Infra s truktur Ketenagalistrikan di Era New Normal “ diselenggara ka n oleh LPPM Institut Teknologi PLN dan disponsori oleh Harbison Walker Indonesia (HWI).

Lembaga Penelitian dan P2M Institut Teknologi PLN mengadakan acara Webinar Series yang ke-3 pada Kamis, 30 Juli 2020. Acara Webinar ini dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan IT – PLN Bpk. Drs. Moh. Ahsan, MM dalam pembukaannya Bpk. Ahsan menyampaikan bahwa mulai Januari 2020 Sekolah Tinggi Teknik PLN telah bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN dan saat ini IT-PLN terus mengembangkan Program Studi baru untuk menarik minat masyarakat di bidang energi dan ketenagalistrikan serta pengembangan fasilitas kampus untuk mahasiswa.

Keynote Speaker pada acara kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT; dan juga 2 Invited Speaker yaitu Bpk. Dr. Zainal Arifin dan Bpk. Ir. Sriyono D Siswoyo, M.Eng.Sc. Selanjutnya Rektor IT PLN Bpk. Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT menyampaikan 3 kunci tantangan infrastruktur ketenagalistrikan di era new normal yaitu : pertumbuhan ekonomi, kemampuan SDM di bidang ketenagalistrikan dan bermanfaat untuk masyarakat untuk menghasilkan karya yang inovatif yang tujuannya mengarah pada visi Indonesia Emas 2045.

Invited Speaker 1 dalam Webinar ini yaitu Bpk. Ir. Sriyono D Siswoyo, M.Eng.Sc yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT PJB dan Dosen IT PLN, Pada paparan nya yang berjudul “Strategi Perusahaan Pembangkit Listrik Menghadapi Tantangan dan Masa Depan Infratruktur Ketenagalistrikan di Era New Normal“ menjelaskan situasi perekonomian sebelum dan setelah covid-19, situasi kelistrikan sebelum dan setelah covid-19, Wind of Change di dunia kelistrikan, stakeholder aspiration serta saran strategi perusahaan pembangkit (Sistem Jawa Bali).

Invited Speaker 2 dalam Webinar ini yaitu Bpk. Dr. Zainal Arifin yang saat ini menjabat sebagai Vice President Of Technology Development and Standarization of PLN dan Dosen Pasca Sarjana IT PLN memapaparkan materi dengan tema “How Utility Firms Dealing With The New Normal”, Bpk. Zainal menjelaskan Transformasi yang sudah dilakukan PLN pada era new normal yaitu : Digitalization (termasuk Smart Grid) , Green Energy, Lean Innovation serta Customer Service. Meski terdampak Covid-19, PLN tetap mampu meraih penjualan listrik Rp. 135,41 T.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab peserta dan narasumber yang dimoderatori oleh Bpk. Riki Ruli dari LPPM IT-PLN. Penutup dari Rektor IT PLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT menyampaikan Webinar ini adalah salah satu langkah kita untuk memahami situasi dan mengajak dosen, mahasiswa dan praktisi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta IT PLN terus mendukung untuk masa depan infrastruktur ketenagalistrikan di masa depan dengan memberikan pengajaran kepada mahasiswa oleh dosen-dosen praktisi yang tentunya sudah berpengalaman di bidang ketenagalistrikan.

Comments are closed.