Frame IG~2

WEBINAR PERSIAPAN SDM MILLENIAL DI INDONESIA

Institut Teknologi PLN telah mengadakan Webinar Series melalui aplikasi Microsoft Teams pada 22 Juni 2020. Acara yang bertema “Persiapan SDM Millenial di Indonesia” tersebut dibawakan oleh Bpk. Ir. Pawenary ., MT, IPM, MPM, Cand. Dr. yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan yang bertindak sebagai Moderator adalah Bpk. Samsurizal, ST, MT.

Acara diikuti oleh 240 Peserta bukan hanya Mahasiswa Institut Teknologi PLN saja, tetapi dari berbagai kalangan pelajar, SMAN 5 PEKANBARU , SMKN 3 MATARAM, MA Al-Irsyad Tengaran, dan Mahasiswa dari Universitas Esa Unggul, Politeknik negeri jakarta, dan Perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, Bpk. Pawenary menjelaskan isu-isu terkait perkembangan SDM Millenial di Indonesia dalam Persaingan Global, Millenial & IT khususnya lulusan Teknik. Bpk. Pawenary juga memaparkan tips-tips dan motivasi terkait pengembangan diri para peserta yang mengikuti acara tersebut agar pada millenial tidak hanyut dalam berselancar dalam dunia maya yang tidak bermanfaat, para millenial bisa menghabiskan waktunya bermain gadget pagi,siang hingga malam jika tidak di berikan batasan batasan yang positif dan bermanfaat dalam penggunaan gadget mereka. Bpk Pawenary menuturkan bahwa meningkatkan kompetensi bagi anak anak millenial saat ini, tidak cukup dengan KSA ( Knowledge, Skill, dan Attitute ), era digital dan robotic saat ini dibutuhkan juga Competition of creativity, competition of imagination, competition of learning, dan competition of independent thinking, seperti yang dikutip dari Jack MA. sehingga budaya Hati-hati (2H), Hindari Malas, Mubazir, Maling, (3M), Menerapkan dan menempatkan kapan menggunakan Komando, Koordinasi, Konsultasi, dan komunikasi (4K), dan bekerja / belajar secara Keras, Cerdas, Tuntas, Kualitas, dan Ikhlas (5As), serta peduli, Inisiatif, Kreatif, Inovatif, dan Realisasikan (PIKIR), jangan hanya memiliki wacana dan ide ide saja Lakukan / Realisasikan. 5 Hal tersebut menjadi modal kerja / belajar untuk saat ini, seperti dalam buku yang pernah dibuat oleh Pawenary dengan judul 2H, 3M, 4K, 5As, dan PIKIR. Hal ini bisa menjadi modal utama tentunya dengan ridho kedua orang tua dan selalu meminta kepada Allah SWT agar para millenial dapat bermanfaat bagi orang lain baik bagi generasi muda kedepannya untuk menjadi pemimpin bangsa ini pada 10 – 15 tahun kedepan nya. Aamiin.

Kedepannya, Institut Teknologi PLN akan mengadakan webinar secara rutin seminggu sekali sesuai dengan jurusan masing-masing yang ada di Kampus IT-PLN.

Comments are closed.