“Pemanfaatan Panel Surya Untuk Penerangan Umum di Wilayah Mustikajaya Bekasi” oleh Dosen Teknik Elektro dan Teknik Sipil STT PLN

Dalam rangka melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, Kewajiban dosen disamping mengajar dan penelitian juga dituntut melaksanakan pengabdian pada masyarakat.  Sekolah Tinggi Teknik PLN melalui LPPM memperoleh Hibah Ristekdikti Pengabdian Pada Masyarakat  (PPM) untuk tahun anggaran tahun 2019 dimana salah satunya adalah melaksanakan program PPM  “Pemanfaatan Panel Surya Untuk Penerangan Umum di Wilayah Mustikajaya Bekasi”  Kegiatan ini kolaborasi antara Dosen Teknik Elektro yakni Erlina, ST., MT sebagai Ketua Tim dan Dosen Teknik Sipil yakni Irma Wirantina Kustanrika, ST., MT dan  Muhammad Sofyan, ST., MT  sebagai anggota tim. Dalam pelaksanaan kegiatan tim juga di bantu oleh beberapa mahasiswa dan tim Laboratorium PLTS STT PLN serta mitra masyarakat wilayah mustikajaya bekasi.

Memasuki era teknologi dan krisis energi sekarang ini penerangan berbasis tenaga surya menjadi salah satu hal yang belum begitu familiar bagi masyarakat khususnya di wilayah yang masih banyak sekali lahan kosong. Letak tata wilayah yang tidak beraturan membuat distrbusi perencanaan suatu wilayah pada sektor penerangan menjadi tidak merata. Masih terdapat beberapa wilayah-wilayah yang tidak tersentuh fasilitas penerangan. Listrik sebagai salah satu alat atau sarana dalam era pembangunan ini adalah suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan penyebaran dan perluasan jaringannya. Terutama penggunaan listrik berbasis tenaga surya yang saat ini menjadi solusi alternative di tengah-tengah krisis energi. Sel surya adalah suatu komponen elektronika yang dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik dalam bentuk arus searah (DC). Modul surya (fotovoltaic) adalah sejumlah sel surya yang dirangkai secara seri dan paralel, untuk meningkatkan tegangan dan arus yang dihasilkan sehingga cukup untuk pemakaian sistem catu daya beban. Dalam beberapa tahun terkahir ini, lampu penerangan jalan umum, khususnya di lingkungan Perumahan Jalan Mustika Jaya, Bekasi Timur banyak yang padam dan bahkan tidak tersedia. Padahal menjelang Hari raya, biasanya banyak masyarakat yang pulang mudik, sehingga rumah-rumah banyak kosong. Hal ini bisa mengundang kerawanan dan memberi peluang terhadap berbagai tindak kejahatan. Karena kurangnya penerangan pada wilayah tersebut sering terjadi pencurian kendaraan bermotor di malam hari dan perampokan. Beberapa ruas jalan di kawasan Perumahan Jalan Mustika Jaya, Bekasi Timur yang biasanya diterangi lampu-lampu merkuri, jika tiba pada malam hari kondisi jalan menjadi gelap. Maka dari kegiatan PKM ini akan berfokus pada sosialisasi dan instalasi penerangan umum berbasis tenaga surya (Solar Panel). Kelebihan panel surya pada penerangan umum adalah tidak menimbulkan polusi, noise, ataupun bahan beracun, aman dan cukup handal serta dapat dibangun dalam waktu cepat, perawatan minimum, ramah lingkungan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan sedangkan kelemahan panel surya pada penerangan umum adalah sumber tenaga yang tidak konsisten dimana matahari tentu tidak bersinar 24 jam dalam sehari sehingga ada beberapa rumah yang lokasinya tertutup oleh pohon atau gedung tinggi juga akan kesulitan mendapat sinar matahari yang maksimal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengatasi minimnya penerangan umum dibeberapa wilayah mustikajaya Bekasi sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya sumber energi alternatif.

Kata Kunci : Energi alternatif, Mustika Jaya Bekasi, Solar Panel, lampu jalan.

Evaluasi Program PKM dan Keberlanjutannya
Setelah Proses instalasi selesai, dalam tempo 2 minggu, seluruh stakeholder yang terlibat melakukan evaluasi dengan mencatat berapa lama fungsi penyimpanan energi matahari tersebut ke dalam baterai, berapa lama lampu LED dapat menyala pada malam hari. Ketika system instalasi befungsi dengan baik, maka penerangan dengan menggunakan energi matahari tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Selain dari pemasangan dan penerapan panel surya. Tim PkM juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya sumber energi alternative dan bagaimana penerapannya. Dijelaskan tentang kondisi global krisis energi dunia agar mereka paham bahwa sumber energi alternative seperti solar panel secara gradual dapat diterapkan dan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap listrik yang tidak ramah lingkungan.


Dengan adanya kegiatan ini masyarakat sekitar semakin familiar dengan sumber energi alternative yang dapat menjadi solusi sekunder dalam menghadapi krisis ekonomi global. Setelah kegiatan ini juga Masyarakat sekitar semakin memahami cara manfaatkan Solar Cell Sebagai Sumber Energi Alternatif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *