AKREDITASI ENERGI DAN KELISTRIKAN DAN KILAT

Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Energi dan Kelistrikan dan Kilat

Kebutuhan Jurnal ilmiah terakreditasi Nasional dan internasional bereputasi saat ini terus meningkat seiring tingginya standar kualitas luaran yang menjadi kewajiban para peneliti dibawah otoritas Kementerian Ristekdikti. Indeks Jurnal merupakan tolak ukur kualitatif dalam mewujudkan perguruan tinggi berbasis riset. Jurnal Ilmiah menjadi media diseminasi untuk proses hilirisasi hasil-hasil penelitian sebagaimana diamanatkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Disamping peningkatan jumlah dan kualitas riset di Indonesia, perlu dikembangkan juga media publikasi ilmiahnya agar artikel-artikel yang dihasilkan dari riset tersebut tidak semuanya diajukan ke jurnal di luar negeri saja, tetapi juga didiseminasi di jurnal-jurnal nasional yang diterbitkan di Indonesia.

Sebagai capain usaha peningkatan kualitas Jurnal ilmiah  STT-PLN, “Jurnal Kilat dan Jurnal Energi dan Kelistrikan” telah memperoleh status Terakreditasi SINTA 4 dari Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berdasarkan surat Kemenristekdikti No. B/3693/E5/E5.2.1/2019. Peningkatan kualitas dan aksesibilitas laman jurnal ilmiah di STT-PLN menjadi sangat penting demi menunjang Luaran Penelitian Dosen/Peneliti. Kerja Keras Tim redaksi jurnal dan penulis jurnal memberikan Sumbangsih yang signifikan dalam proses akreditasi jurnal dilaksanakan.

Kasie Jurnal dan Publikasi STT-PLN, Riki Ruli Siregar mengungkapkan bahwa Dampak utama dengan adanya jurnal terindeks SINTA di STT-PLN akan meningkatkan jumlah sitasi, nilai h-index, dan nilai faktor dampak dari jurnal-jurnal tersebut. Muara akhir dari sitasi ini adalah hilirisasi teknologi hasil riset ke pengguna teknologi. Selain itu Jurnal Ilmiah STT-PLN akan memiliki nilai jual dan semakin kompetitif di level nasional.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *