WhatsApp Image 2020-07-17 at 11.40.25 (1)

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULATAS KETENAGALISTRIKAN DAN ENERGI TERBARUKAN DI STP KU SUMEDANG

Di masyarakat banyak kita temui rumah atau bangunan yang dibangun dengan tidak mempunyai desain, baik itu desain arsitek/sipil maupun desain instalasi listriknya. Karena itulah yang mendorong beberapa dosen dari Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan Institut Teknologi PLN untuk mengambil tema pengabdian kepada masyarakat tentang perancangan instalasi listrik pada bangunan bertingkat dengan mitra pengabdian Pondok Pesantren / Sekolah Tahfidz Plus (STP) Khoiru Ummah (KU) Sumedang yang berlokasi di Desa Marga Jaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Saat ini pengelolah pesantren STP KU Sumedang sedang membangun Gedung Pesantren untuk peruntukan ruang belajar bagi santri laki- laki yang sekarang ini belum memiliki ruang belajar. Gedung tersebut rencananya akan dibangun 3 lantai dan setiap lantai terdiri dari 5 ruang kelas. Pembangunan gedung pesantren ini tidak memiliki gambar perencanaan baik gambar perencanaan arsitek/sipil maupun gambar perencanaan listriknya. 

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh beberapa dosen dan melibatkan 2 mahasiswa ini memberikan kepada mitra pengabdian berupa gambar rancangan yang terdiri dari denah bangunan, tampak depan, tampak samping, tampak atas dengan pengkawatannya serta gambar diagram satu garis (SLD). Selain itu, menghitung kuat cahaya dan jumlah titik lampu dalam satu ruangan, menghitung total daya, kapasitas pengaman/MCB, kuat hantar arus (KHA) kabel yang digunakan. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam rencana kegiatan akan dilakukan pemasangan instalasi pada bangunan baru STP KU Sumedang tapi dikarenakan wabah covid 19 sehingga rencana tersebut tidak jadi dilaksanakan akan tetapi tim memberikan peralatan listrik kepada pengelolah pesantren seperti tergambar dalam rancangan single line diagram (SLD) seperti kabel, lampu, saklar, stop kontak, MCB, dan ELCB. 

Walaupun kegiatan pemasangan instalasi listrik tidak jadi dilaksanakan tetapi sosialisasi tentang pemakaian listrik yang baik dan bahaya listrik serta penjelasan tentang desain instalasi listrik terlaksana pada tanggal 16 Juli 2020 di aula lantai lt. 3 gedung pesantren putri STP KU Sumedang. Pada sosialisasi ini, materi pemakaian dan bahaya listrik dipresentasikan oleh Dr. Dhami Johar Damiri, sedangkan penjelasan tentang desain instalasi listrik dipresentasikan oleh Ibnu Hajar dan dihadiri oleh pengelolah, asaatidz dan semua santri Ikhwan dan santri akhwat. 

Tim pengabdian kepada masyarakat ini terdari dari empat dosen dari Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan yaitu Ibnu Hajar sebagai ketua tim, Dhami Johar Damiri, Yuliasyah, dan Jumiati, serta melibatkan dua orang mahasiswa dari prodi D3 Teknologi Listrik yaitu M. Syair Pandu L. dan Muhammad Iqbal R. [ih] 

Capture

Webinar Series 3 “ Tantangan dan Masa Depan Infra s truktur Ketenagalistrikan di Era New Normal “ diselenggara ka n oleh LPPM Institut Teknologi PLN dan disponsori oleh Harbison Walker Indonesia (HWI).

Lembaga Penelitian dan P2M Institut Teknologi PLN mengadakan acara Webinar Series yang ke-3 pada Kamis, 30 Juli 2020. Acara Webinar ini dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan IT – PLN Bpk. Drs. Moh. Ahsan, MM dalam pembukaannya Bpk. Ahsan menyampaikan bahwa mulai Januari 2020 Sekolah Tinggi Teknik PLN telah bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN dan saat ini IT-PLN terus mengembangkan Program Studi baru untuk menarik minat masyarakat di bidang energi dan ketenagalistrikan serta pengembangan fasilitas kampus untuk mahasiswa.

Keynote Speaker pada acara kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT; dan juga 2 Invited Speaker yaitu Bpk. Dr. Zainal Arifin dan Bpk. Ir. Sriyono D Siswoyo, M.Eng.Sc. Selanjutnya Rektor IT PLN Bpk. Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT menyampaikan 3 kunci tantangan infrastruktur ketenagalistrikan di era new normal yaitu : pertumbuhan ekonomi, kemampuan SDM di bidang ketenagalistrikan dan bermanfaat untuk masyarakat untuk menghasilkan karya yang inovatif yang tujuannya mengarah pada visi Indonesia Emas 2045.

Invited Speaker 1 dalam Webinar ini yaitu Bpk. Ir. Sriyono D Siswoyo, M.Eng.Sc yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT PJB dan Dosen IT PLN, Pada paparan nya yang berjudul “Strategi Perusahaan Pembangkit Listrik Menghadapi Tantangan dan Masa Depan Infratruktur Ketenagalistrikan di Era New Normal“ menjelaskan situasi perekonomian sebelum dan setelah covid-19, situasi kelistrikan sebelum dan setelah covid-19, Wind of Change di dunia kelistrikan, stakeholder aspiration serta saran strategi perusahaan pembangkit (Sistem Jawa Bali).

Invited Speaker 2 dalam Webinar ini yaitu Bpk. Dr. Zainal Arifin yang saat ini menjabat sebagai Vice President Of Technology Development and Standarization of PLN dan Dosen Pasca Sarjana IT PLN memapaparkan materi dengan tema “How Utility Firms Dealing With The New Normal”, Bpk. Zainal menjelaskan Transformasi yang sudah dilakukan PLN pada era new normal yaitu : Digitalization (termasuk Smart Grid) , Green Energy, Lean Innovation serta Customer Service. Meski terdampak Covid-19, PLN tetap mampu meraih penjualan listrik Rp. 135,41 T.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab peserta dan narasumber yang dimoderatori oleh Bpk. Riki Ruli dari LPPM IT-PLN. Penutup dari Rektor IT PLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K., MT menyampaikan Webinar ini adalah salah satu langkah kita untuk memahami situasi dan mengajak dosen, mahasiswa dan praktisi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta IT PLN terus mendukung untuk masa depan infrastruktur ketenagalistrikan di masa depan dengan memberikan pengajaran kepada mahasiswa oleh dosen-dosen praktisi yang tentunya sudah berpengalaman di bidang ketenagalistrikan.