Capture

AUDIENSI INOVASI INSTITUT TEKNOLOGI PLN DALAM PENANGANAN COVID-19 BERSAMA DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA

Institut Teknologi PLN merupakan Perguruan Tinggi yang berfokus dalam bidang Ketenagalistrikan, ditengah pandemi Covid19 ini IT-PLN melalui Dr. Ir. Soetjipto Soewono, Dipl. GE bersama tim mengembangkan sebuah alat anti covid-19 berbasis arus listrik.

Alat tersebut tentunya perlu diteliti lebih lanjut termasuk juga bagaimana regulasinya apabila ingin digunakan untuk umum, oleh karena itu pada Senin 27 Juli 2020 Tim dari IT-PLN berkunjung ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Inovasi ini dilatarbelakangi oleh kelemahan virus Covid-19 yang dilapisi oleh protein, dimana lapisan protein tersebut dapat dengan mudah dihancurkan menggunakan arus listrik pada level yang aman bagi manusia.

Dalam pemaparannya di kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Soetjipto S menerangkan bahwa Virus Korona didalam tubuh manusia tidak hanya replikasi, tetapi juga bermutasi. Satu hal yang membuat banyak orang khawatir soal Covid-19 adalah karena belum adanya obat maupun vaksin yang memang dikhususkan untuk mengatasi dan mencegah penyakit ini, dan dikhawatirkan juga vaksin yang akan ditemukan tidak bersifat universal karena adanya mutasi virus korona tsb.

Perlu adanya Kerjasama antara disiplin kesehatan dan kelistrikan untuk penanganan pandemi COVID-19 untuk itu perlu dibentuk tim bersama, khususnya yang berasal dari Kementerian Kesehatan, agar inovasi ini aman, tidak menimbulkan efek samping, dan sesuai dengan regulasi.

Kedepannya apabila sudah berhasil di uji secara klinis dan lulus regulasi bisa digunakan untuk umum, hak paten alat ini tidak akan dikomersialkan karena ini menyangkut untuk kepentingan kita bersama agar pandemi yang sedang menimpa kita semua dapat segera usai.

Comments are closed.