KUNJUNGAN PEMBANGKIT MAHASISWA D3 TEKNIK ELEKTRO KE PT. PJB UP CIRATA

Pada Hari Selasa, 30 Juli 2019, mahasiswa D3 Teknik Elektro mengadakan kunjungan pembangkit ke PT. PJB UP Cirata yang merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Teknik Elektro (Himaprodit) yang didampingi oleh dosen Teknik Elektro, Bapak Yuliansyah, SE., MM, Ir. Edy Ispranyoto., MBA dan Ibnu Hajar, ST., MT.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara, PLTA ini berada di Kecamatan CipeundeuyBandung BaratKabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur. Tempat ini menjadi lokasi kunjungan karena banyak aspek yang mendukung dari segi ilmu yang didapat, fasilitas dan pemateri yang ahli dari bidangnya masing-masing.

PLTA ini memiliki konstruksi power house di bawah tanah dengan kapasitas 8×126 Megawatt (MW) sehingga total kapasitas terpasang 1.008 Megawatt (MW) dengan produksi energi listrik rata-rata 1.428 Giga Watthour (GWh) pertahun. Kapasitas 1008 MW tersebut terdiri dari Cirata I yang memiliki empat unit masing-masing operasi dengan daya terpasang 126 MW yang mulai dioperasikan tahun 1988 dengan daya terpasang 504 MW, selain itu Cirata II juga dengan empat unit masing-masing 126 MW, yang mulai dioperasikan sejak tahun 1997 dengan daya terpasang 504 MW. Cirata I dan II mampu memproduksi energi listrik rata-rata 1.428 GWh pertahun yang kemudian disalurkan melalui jaringan transmisi tegangan ekstra tinggi 500 kV ke sistem interkoneksi Jawa-Madura-Bali.

Selain Pembangkit Listrik Tenaga Air, PT. PJB UP Cirata juga menghasilkan listrik dari panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya. PLTS ini sudah beroperasi sejak bulan Juni 2015 dengan kapasitas 1 Mega Watt Peak (MWP) yang terdiri dari 5 area Photovoltaic Array. 5 area tersebut terdapat PV Array dengan kapasitas 530 kW dengan Central Inverter 550 kW, PV Array 25×20 kW dengan String Inverter 25×20 kW dan PLTS Multi type 2×4 kW dengan dual axis tracker yang menghasilkan 1 MW ketika beroperasi. PLTS ini sebenarnya dalam tahap pengembangan dan penelitian riset Cirata yang didesain khusus untuk keperluan riset tekait pengayaan pengetahuan dan pengalaman untuk pengaplikasian PLTS skala besar di Indonesia. PLTS Cirata dilengkapi fasilitas Green Energy campus (C-GEn campus) yang merupakan pusat studi pembangkit energi baru terbarukan PJB. Tempat studi bagi pengembangan PLTS skala besar di Indonesia.

PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) UP Cirata merupakan pembangkit yang dioperasikan oleh anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) yaitu yang disalurkan melalui saluran transmisi tenaga listrik 500 kV ke sistem Jawa Bali yang diatur oleh dispatcher PLN Pusat Pengatur Beban (P3B).Kontribusi utama Cirata terhadap sistem Jawa Bali yaitu memikul beban puncak dan beroperasi pada pukul 17.00-22.00, dengan moda operasi LFC (Load Frequency Control), dimana memiliki fasilitas line charging bila sistem Jawa Bali mengalami Black Out dan Start up operasi/ sinkron ke jaringan 500 KV yang relatif cepat yaitu kurang lebih lima menit.