SHARING SESSION BERSAMA BAPAK DIREKTUR SDM PT INDONESIA POWER

Saat ini, sering sekali kita dengar tentang revolusi industri 4.0, atau sering kita maknai sebagai revolusi industri generasi keempat yaitu tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (internet of things atau IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Apa sebetulnya yang perlu mendapat perhatian serius sehingga kita dapat mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan tersebut. Ya, Sumber daya yang kompeten adalah salah satu faktor utama penentu keberhasilan transformasi era 4.0, oleh karena itu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia perlu diprioritaskan.

Hadir di Sekolah Tinggi Teknik Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero) Direktur Sumber Daya Manusia PT Indonesia Power, Okto Rinaldi Sagala, SE., MM berkesempatan menjadi pembicara pada acara sharing session dengan tema “Transformasi SDM dalam Revolusi Industri 4.0”, sebuah revolusi yang harus diikuti perkembangan dan perubahannya oleh kita semua khususnya bagi mahasiswa dan dosen STT-PLN.

Dijelaskan bahwa Industri 4.0 membawa disruptif teknologi (disruptive technology) yang hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Ukuran besar dari sebuah perusahaan tidak lagi menjadi jaminan. Justru kelincahan perusahaan yang akan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat, di mana yang cepat dapat memangsa yang lambat dan bukan yang besar memangsa yang kecil. Begitupun dengan Sumber Daya Manusia yang tidak mustahil akan di gantikan oleh Robot/Mesin. Mahasiswa sebagai generasi muda yang hidup dalam jaman milenial harus mampu menunjukkan kualitas dan keahlian yang dimiliki. Penggunaan Smartphone agar dimanfaatkan secara maksimal, tidak hanya untuk komunikasi sebatas chatting, namun dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih penting lagi.

 

Sharing session ini ditutup dengan pemberian sertifikat pembicara Okto Rinaldi Sagala, SE., MM oleh Plt Ketua STT-PLN Dr. Ir. Soetjipto Soewono, Dipl. GE