Mengenal lebih dekat IoT pada kunjungan Industri di PT. XL Axiata Jakarta

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi PT. XL Axiata mempunyai laboratoruim Internet of Things (IoT) yang cukup lengkap di Indoesia, laboratorium didirikan untuk mendukung solusi digital saat ini  yang dikenal nama X-Camp. Untuk mengenal lebih dekat tentang IoT maka pada hari Jumat, 05 April 2019, Prodi S1  Teknik Elektro  STT PLN melakukan kunjungan Industri ke PT. XL Axiata yang berlokasi di Kuningan Jakarta Pusat.

Tujuan kunjungan industro  ini dalam rangka mengenalkan lebih dekat kepada para mahasiswa Teknik Elektro untuk memahami implikasi teknologi kontrol, drive. dan tracking serta iluminasi pada peralatan listrik dengan aplikasi IOT pada era digital dan 4.0 saat ini.

Mahasiswa yang generasi millenial saat ini di hadapkan dengan 2 permasalahan. Apakah generasi digital saat ini bisa berdampak positif atau bisa berdampak negative,  jika mahasiswa terlena dengan gadget yang hanya digunakan pada permainan game ber jam-jam maka mahasiswa tersebut akan kehilangan waktunya dan sia-sia,  namun jika mahasiswa millenial saat ini memanfaatkan era digital menjadi fungsi manfaat ladang ilmu, maka akan banyak ilmu yg bisa didapat. salah satu nya pemanfaatan IOT.

Kunjungan ini sangat disambut baik oleh para mahasiswa. bahkan beberapa mahasiswa berani mengajukan beberapa usulan project bersama team XL yang akan di kerjakan bersama-sama, bahkan XL mau membiayai jika project usulan tersebut disetujui oleh XL proposalnya dianggap bisa di kembangkan.  project tersebut juga bisa dijadikan bahan skripsi / tugas akhir mahasiswa ,papar Bapak Ir. Pawenary. M.T., IPM., MPM. selaku dosen pendamping dan prakarsa kegiatan tersebut.

Pimpinan IOT Inovasi leader, Bapak Novi Arian dan Corporate relation Bapak Iwan Bosma menyampaikan. XL siap menerima mahasiswa yang magang sebanyak mungkin untuk bersama sama mengerjakan project IOT yang berpotensi banyak sekali sat ini.

Salam IoT Inovasi XL Axiata – STT PLN