LAUNCHING TOSS DALAM RANGKA HARI PEDULI SAMPAH 2019 SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI KERJASAMA STT-PLN – PEMKOT TEGAL

Tegal, Minggu 24 Februari 2019 – bertempat di bumi perkemahan kota tegal, STT-PLN dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Kerjasama & Admisi didampingi Manager Humas & Kerjasama, Direktur Inkubator TOSS LK Jakarta serta Tim TOSS LK Yogyakarta mendapatkan kehormatan untuk turut hadir pada acara kegiatan Apel Kebersihan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang mengusung tema kelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai. Bertindak sebagai pemimpin apel, walikota tegal, Drs H.M Nursholeh M.MPd yang diikuti oleh beberapa jajaran Pejabat sekda kota tegal, TNI/Polri, kelompok peduli lingkungan, pramuka, serta peserta lainnya.

 

Walikota tegal, dalam sambutannya menyampaikan permasalahan sampah di kota Tegal semakin meningkat, volume timbulan sampah harian mencapai 700 meter kubik dengan pengelolaan sampah masih menggunakan konsep lama yaitu dikumpulkan kemudian diangkut dan berakhir di tempat pembuangan. Hadir juga Staf Ahli Menteri LHK Bidang Energi, Ir Hudoyo, MM, beliau mengajak seluruh pihak mewujudkan kesamaan langkah dan meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah.

 

Setelah acara apel kebersihan, mengambil tempat di TPST Mintaragen yang merupakan lokasi pilot project TOSS (tempat olah sampah setempat), Pemkot Tegal secara resmi meluncurkan metode pengolahan sampah TOSS tersebut yang merupakan wujud implementasi kerjasama antara STT-PLN dengan Pemerintah Kota Tegal dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Tegal. TOSS merupakan salah satu riset unggulan STT-PLN yang hanya cukup melibatkan masyarakat setempat dan teknologi serta peralatan lokal. Walikota Tegal menyampaikan untuk kedepannya metode TOSS ini tidak hanya digunakan di TPST Mintaragen saja namun dapat juga diujicobakan di TPST-TPST lainnya di Kota Tegal.

 

Besar harapan STT-PLN dan Pemkot Tegal, kerjasama ini tidak hanya berhenti di Kota Tegal saja melainkan bisa merambah ke kota-kota lainnya di seluruh wilayah Indonesia.