Workshop Tracer Study STT-PLN 2018

Sebagai bentuk dari upaya dalam mengetahui outcome atas pendidikan yang pernah dijalani oleh Alumni STT-PLN, maka diadakan tracer study atau pelacakan kepada Alumni lulusan tahun 2016. Selain itu, tracer study juga berguna untuk mendapatkan informasi tentang kinerja Alumni dan mengukur relevansi kurikulum terhadap kompetensi yang dibutuhkan pengguna lulusann.

 

Workshop Tracer Study STT-PLN diadakan pada tanggal 10 Oktober 2018, di ruang Operation Room Lt. 3 STT-PLN. Acara dihadiri oleh para perwakilan dari perguruan tinggi yang mendapatkan atau akan mengajukan Hibah Lanjutan dari Kementrian Ristek Dikti yaitu, Univ. Katolik Indonesia Atma Jaya, Univ. Mercu Buana, STIKES Kuningan, STIKES Indonesia Maju, dan lain-lain. Pembicara pada acara kali ini adalah Ibu Ied Veda Sitepu perwakilan dari Subdirektorat Penyelarasan Kebutuhan Kerja, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa Kemristekdikti.

 

Ada juga presentasi hasil tracer study STT-PLN yang dibawakan oleh Ibu Puji Catur S Praptini. Dalam presentasinya, Ibu Puji mengungkapkan bahwa pada hasil sementara dari tracer study 2018  ini memiliki hasil yang cukup bagus, dibuktikan dengan waktu tunggu bekerja para lulusan adalah 1 Bulan sebelum wisudah & 3 Bulan setelah wisuda, ada peningkatan pendapatan rata-rata alumni dari tahun sebelumnya Rp 5.700.000/Bulan menjadi Rp 6.875.000/Bulan, Respon rate dari alumni sangat memuaskan mencapai 95%. Hal ini diperoleh berkat tingkat kepedulian alumni yg cukup tinggi, dan adanya support moril dari para alumni yg lulus th 2016.

 

Diharapkan dengan adanya tracer study ini dapat meningkatkan kualitas para lulusan STT-PLN dan semakin tinggi tingkat kompetensi, Serta penyempurnaan kurikulum yg disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja/pengguna lulusan.