Laman PascaSarjana

Latar Belakang :

Tujuan dibukanya Program Magister Teknik Ketenagalistrikan dan Energi  STT-PLN adalah untuk membentuk wadah bagi para pakar ketenagalistrikan dan energi baik di PLN maupun di luar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada para insinyur / sarjana teknik praktisi, para manajer perencanaan sistem, manajer penelitian dan pengembangan diberbagai industri, maupun bagi para fresh graduates yang berminat dibidang pembangkitan dan pemanfaatan energi umumnya, energi listrik khususnya.

Program Magister Teknik STT-PLN dibentuk berdasarkan S.K. Mendikbud No.415/E/O/2012, tanggal 13 Desember 2012 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Teknik Elektro (S2) pada STT-PLN di Cengkareng, Jakarta barat.

 

Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang saat ini sedang giat dilakukan  baik oleh pemerintah  yaitu proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW tahap 1 dan tahap 2, maupun  pembangunan pembangkit listrik oleh swasta, memerlukan penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dan bermutu. Mengingat perlunya teknologi tinggi dan adanya faktor resiko yang besar pada pembangunan infra struktur tersebut, STT-PLN yang memiliki sumber daya berpengalaman dan berkualifikasi akademis yang cukup, sepenuhnya mendukung penyiapan kebutuhan sumber daya manusia    yang kompeten dan bermutu demi keberhasilan program pembangunan nasional  pemerintah yang urgen dan strategis  khususnya di bidang ketenagalistrikan dan energi.

 

Visi :

Terwujudnya institusi pendidikan magister  teknik  di  bidang energi dan kelistrikan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi kelistrikan dan energi

 

Misi :

Menghasilkan magister teknik yang andal dan memiliki kompetensi yang diperlukan dalam menyongsong era globalisasi dan membangun masa depan Indonesia

 

Tujuan :

Menghasilkan magister teknik yang dibutuhkan oleh industri  ketenagalistrikan dan energi yang memiliki :

1

2

3

Kompetensi akademik khususnya dalam bidang ilmu teknik terapan.

Kompetensi profesional dan  praktis  dalam  hal  perencanaan pelaksanaan, evaluasi dan perawatan pekerjaan teknik.

Kompetensi  penelitian.

 

Tenaga Pengajar :

 

Program Magister Teknik Ketenagalistrikan dan Energi STT-PLN diasuh oleh staf pengajar sebagai berikut :

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

Dr.Ir.Soetjipto Soewono, Dipl.GE

Dr.Ir.Mohammad Hafidz, M.Eng.Sc.

Dr.Ir.Santoso Gitosusastro,D.E.A.

Dr.Ir.Hardiv Harris Situmeang,M.Sc

Dr.Ir.Herman Darnel Ibrahim, M.Sc.

Dr.Ir.Eri Prabowo, M.Kom.

Dr.Ir.Harun Al Rasyid, M.T.

Prof.Dr.Ir.Bambang Suryawan.

Prof.Dr.Masbah Rotuanta Tagore S.

Dr.Ir.Fathurrachman.

Dr.Ir.Manerep Pasaribu.

Ir.Djoko Prasetyo, Ph.D.

Dr.Ir.Bayu Parlinto, M.T.

Dr.Ir.Ridha Yasser, M.Sc.

Dr.Ing. Andika W .Pratomo.

Dr.Ir. Supriadi  Legino, M.B.A..M.M.

Dr.Ir.Uno Bintang Sudibyo, D.E.A.,I.P.M.

 

Pendaftaran :

Pendaftaran dan Informasi lainnya dapat diperoleh pada sdri. Erlina di Sekretariat Magister Teknik Elektro STT-PLN dengan alamat Gedung STT-PLN, lantai 4, Jl. Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat 11750. Telp. 021-5440342, 5440344, Ekst. 2212, Faks. 021-5440343, Hp. 0812 8148 821 atau  E-mail : erlina@sttpln.ac.id , pascasarjana@sttpln.ac.id ,atau  magistersttpln@gmail.com

Uang pendaftaran dan semesteran dapat dibayarkan melalui Teller, ATM & E-Banking Bank Mandiri.

Peserta dapat memilih awal kuliahnya  dimulai pada minggu pertama September atau pada minggu pertama Maret.

 

Seleksi Calon Peserta :

Calon peserta untuk konsentrasi teknik ketenagalistrikan dan energi adalah lulusan S1/D4 teknik elektro, teknik mesin, teknik industri dan fisika teknik.

Calon peserta untuk konsentrasi manajemen ketenagalistrikan dan energi, selain lulusan diatas juga lulusan S1/D4 teknik kimia, teknik perminyakan dan teknik pertambangan. Tes seleksi meliputi T.P.A., Bahasa Inggris & Wawancara.

 

Biaya Pendidikan :

Biaya pendidikan untuk 4 (empat) semester adalah sebesar Rp.45.000.000,- (Empat puluh lima juta rupiah) dengan perincian Rp.12.000.000,- / semester untuk semester 1 s/d 3  dan Rp. 9.000.000,-  untuk semester 4.

 

Perkuliahan :

Waktu Kuliah : Sabtu, jam 08.00– 18.00. Makan Siang dan Snack Pagi dan Sore disediakan.

Tempat Kuliah : Pusdiklat PT.PLN (Persero) Ragunan, Jakarta Selatan dan atau Menara PLN, Jl. Lingkar Luar Barat, Duri Kosambi, Jakarta Barat.

 

KURIKULUM :

Program Magister Teknik Ketenagalistrikan dan Energi STT-PLN memiliki kurikulum dengan total 42 SKS seperti berikut :

 

Share This: