D3 Teknik Mesin

Visi

Terwujudnya program Studi Diploma III Teknik Mesin yang modern, mandiri, mampu berkompetisi dan unggul dibidang pembangkitan, operasi dan pemeliharaan energi dan ketenagalistrikan.

Misi

Berdasarkan Visi diatas, maka misi yang diemban oleh program Studi DIII Teknik Mesin dan Priode 2013-2017 adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang profesional dalm upaya menghasilkan ahli madya teknik yang handal dan memiliki daya saing dalam bidang pembangkitan operasi dan pemeliharaan sistem energi dan ketenagalistrikan.
  2. Menyelenggarakan manajemen dan organisasi program studi yang mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance) mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang teknik mesin serta mendesiminasi hasil penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pembangkitan, operasi dan pemeliharaan sistem energi dan ketenagalistrikan.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dan upaya menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggungjawab  sosial segenap civitas akademika
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan program studi dan sumber daya manusia

Tujuan Pendidikan

Berdasarkan visi dan misi diatas, maka tujuan yang akan dicapai oleh program studi Diploma III Teknik Mesin STT-PLN adalah :

  1. Mengembangkan sikap dan prilaku lulusan yang memiliki kompetensi, profesional, disiplin, tanggung jawab dan pengabdian yang tinggi  serta kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.
  2. Menghasilkan Ahli Madya Teknik Mesin yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mencukupi dan memadai meliputi bidang : operasi dan pemeliharaan yang berkaitan dengan pembangkitan, energi dan ketenagalistrikan.
  3. Menghasilkan Ahli Madya Teknik Mesin menjadi bagian anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan secara profesional mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan enjinering pada umumnya serta mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pembangkitan, mesin masin energi dan ketenagalistrikan.
  4. mampu mengembangkan, mengoprasikan dan memelihara mesin mesin energi dan ketenagalistrikan melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat)
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk bekerja secara profesional dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan vokasi pada program pendidikan lanjutan
  6. Mengembangkan keilmuan di bidang teknik mesin melalui penelitian dan mendesiminasikan hasilnya melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya memperkokoh energi dan ketenagalistrikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Sasaran

Pada tahun 2017 menjadi 10 (sepuluh) besar program study Diploma III Teknik Mesin unggulan di tingkat Nasional yang berbasis mesin pembangkitan energi ketenagalistrikan.

Share This: