Kegiatan Intercultural Friendship Society di Kamboja

Welcome To Cambodia !!
Pada tanggal 13 – 15 November 2017 STT-PLN mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk mengikuti Intercultural Friendship Society di Camdodia (Kamboja). 2 Perwakilan delegasi STT-PLN Jakarta yaitu Jontario Zainudin dari jurusan S1 Teknik Informatika dan Afif Fajar Nurtyanto dari Jurusan S1 Teknik Elektro . Perwakilan STT-PLN berkesempatan mengikuti diskusi terkait kerjasama antara Indonesia dan Kamboja Bersama 15 orang delegasi Mahasiswa seluruh Indonsia yaitu UGM, UI, ITB, UNPAD, IPB dan UNILA.

Mrs. Made Santi Ratnasari selaku Bidang Kerjasama dan Hubungan Kerja KBRI di Cambodia berfoto bersama delegasi STT-PLN

Selain kegiatan diskusi tersebut , para delegasi mahasiswa seluruh Indonesia berkesempatan mengunjungi tempat-tempat budaya dan pemerintahan disana untuk mengetahui sistem pemerintahan yang ada di negara Kamboja. Salah satu daerah terpencil yang kami kunjungi adalah Kampong Cham dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Salah satu keunikan daerah tersebut adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa Cham, bahasa ini berbeda dengan bahasa pada umumnya yaitu bahasa Khmer.

Tim delegasi yang dipimpin oleh Jontario Zainuddin (Mahasiswa STT-PLN) juga melakukan edukasi terkait pengenalan Bahasa Inggris pada daerah tersebut yang diikuti oleh 50 anak. Pengenalan bahasa Inggris kepada anak-anak penduduk tersebut mulai dari pengenalan alphabet , angka serta nama-nama hewan. Pemilihan materi pengenalan bahasa Inggris ini dilakukan dikarenakan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional sehingga diharapkan anak-anak tersebut mengusai bahasa Internasional dan bisa berkomunikasi dengan orang diluar daerah tersebut. Sebagai bukti kepedulian Indonesia terhadap pendidikan , tim menyalurkan donasi dari Indonesia berupa bahan bangunan untuk pembangunan sekolah di daerah tersebut , diharapkan bantuan tersebut dapat meningkatkan semangat dan mutu pendidikan anak- anak disana.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini sungguh menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi kami, bahwa hal kecil bisa membawa banyak berubahan apalagi jika dilakukan bersama-sama dan membawa nama Indonesia, Seperti kalimat yang pernah disampaikan oleh John F Kennedy “Ask not what your country can do for you , ask what you can do for your country “

STT-PLN Go International !!!

Share This:

Posted in Berita Kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *