Launching APERTI BUMN

APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara) diresmikan oleh Bapak Agus Puji Prasetyono, Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas pada Sabtu, 28 Oktober 2017 di Gedung Pos Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Aliansi ini didirikan oleh lima Perguruan Tinggi berbasis BUMN yaitu, Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara (STT-PLN), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Telkom University (TEL U), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan Universitas Pertamina (UP). “APERTI BUMN dibutuhkan karena masing-masing universitas memiliki spesialisasi yang dibutuhkan di dunia industri,” ujar ketua umum APERTI BUMN, Bapak Prof Akhmaloka, Ph.D. Rektor UP ini juga menerangkan misalnya STT-PLN spesialisasi di bidang kelistrikan, STIMLOG di bidang logistik, TEL U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, UISI di bidang persemenan, dan UP di bidang energi.

Para Perguruan Tinggi ini akan berkolaborasi dalam lima bidang, yaitu: penelitian, pengabdian masyarakat, akademik, kerja sama kelembagaan, dan pengembangan sumber daya. “Salah satu kelebihan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah dekat dengan industri. Hal inilah yang memungkinkan anggotanya mengimplementasikan tidak hanya konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government) namun juga sudah meningkat ke quintuple helix dengan community dan environment sebagai helix ke empat dan ke lima. Sudah saatnya kita membuat suatu applied research yang sesuai dengan kebutuhan industri.“ Papar Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan APERTI BUMN, Bapak Dr. Ir. Supriadi Legino, yang juga sekaligus Ketua STT-PLN. Selain dihadiri ketua STT-PLN dan Rektor UP, Acara dihadiri pula oleh Ketua STIMLOG, Ibu Nurlaela Kumala Dewi, ST., MT. Rektor UISI, Prof. Dr. Ing Herman Sasongko. Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D.

Salah satu bentuk kegiatan kolaborasi adalah dengan mengadakan forum diskusi ilmiah tingkat nasional yang diberi tajuk APERTI BUMN Discussion Series. Kali ini forum diskusi perdana mengangkat tema Logistik Digital yang diadakan setelah peresmian APERTI BUMN. Hadir sebagai pembicara kunci yaitu Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Setelah itu terdapat talkshow pembicara panelis ahli logistik yang berasal dari lima perusahaan BUMN, induk dari APERTI BUMN.

Semoga dengan sinergi ini, semakin meningkat kualitas SDM yang dihasilkan masing-masing Perguruan Tinggi.

Share This:

Posted in Berita Kampus, Kerjasama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *